Monitoring Tindak lanjut Hasil Audit LKPD Tahun 2017

Kamis, 04 Oktober 2018

@K

Informasi

Dibaca: 57 kali

Tindaklanjut merupakan bagian  yang penting dalam sistem pengawasan, karena hal ini merupakan upaya yang harus dilakukan  auditan dalam rangka mengurangi dan bahkan menghilangkan permasalahan/kondisi yang tidak sesuai kriteria Audit. Dalam Audit LKPD yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa  Keuangan, keseriusan dan kesungguhan Pemerintah Daerah  menidaklanjuti Rekomendasi Hasil Audit menjadi  salah satu dasar untuk penyampaian Opini. Selama 3 Tahun ini Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  yang dicapai Pemerintah Daerah  Kabupaten Gunungkidul tidak lepas dari upaya menindaklanjuti Rekomendasi Audit LKPD. Demikian beberapa point penting yang disampaikan Inspektur Daerah Kabupaten Gunungkidul  Drs. Sujarwo, M.Si dalam kegiatan Rapat Koordinasi Monitoring tindaklanjut Hasil Audit LKPD Tahun 2017.

Dalam Rapat yang dihadiri Oleh  BKAD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, RSUD, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang beserta Tim Pendamping /Auditor Inspektorat Daerah,  diidentifikasi dan dipetakan beberapa Rekomendasi dari BPK yang sudah selesai ditindaklajuti maupun yang masih dalam proses penyelesaian. Beberapa yang diantaranya terkait Hibah, pengelolaan dan pencatatan Barang persediaan, Aset maupun Piutang.

Hal penting yang harus diingat adalah meskipun Rekomendasi selesai ditindaklanjuti tetap perlu upaya pengendalian sehingga permasalahan yang sama tidak menjadi temuan yang berulang pada pemeriksaan LKPD di tahun yang akan datang, Hal ini ditegaskan  Drs. Sujarwo sebelum mengakhiri Rapat koordinasi di hari Kamis 4 Oktober 2018.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas