Optimalisasi Peran Assurance dan Consulting APIP dalam rangka mengawal Program Pembangunan Pemerintah Daerah

Senin, 15 Oktober 2018

@K

Informasi

Dibaca: 118 kali

Dalam rangka  meningkatkan kapabilitas dan pemberdayaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) optimalisasi  fungsi assurance/penjaga  dan konsultasi APIP menjadi penting dalam mengawal program pembangunan Pemerintah Daerah, termasuk upaya pencegahan korupsi.  Dalam perannya sebagai penjaga, APIP melakukan compliance audit dan memberikan saran koreksi atau perbaikan apabila ditemukan penyimpangan dalam audit. Peran penjaga ini biasanya menghasilkan saran/rekomendasi yang mempunyai  jangka pendek. Oleh karena itu, APIP perlu memperluas perannya agar mempunyai nilai tambah bagi organisasi melalui pemberian rekomendasi yang memberikan dampak   jangka menengah maupun jangka panjang.  APIP diharapkan juga dapat menjalankan peran sebagai konsultan. Dalam kapasitas sebagai konsultan, APIP harus dapat memberikan manfaat berupa pemberian nasihat dalam pengelolaan sumber daya organisasi. Proporsi pelaksanaan pengawasan mulai diberikan kepada audit kinerja mullain tahun 2018 ini dengan tujuan untuk meyakinkan bahwa institusi pemerintahan telah memanfaatkan sumber daya organisasi secara ekonomis, efisien, dan efektif (3E) dalam rangka pencapaian tujuan.  Demikian beberapa hal yang disampaikan Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drs. Sujarwo, M.Si dalam kesempatan menerima kunjungan Rombongan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Bandung, Kamis 11/10/2018.

Rombongan Inspektorat Kabupaten Bandung yang terdiri dari  Inspektur Pembantu Wilayah, Auditor, P2UPD  mnyampaikan tujuan kehadirannya antara lain untuk sharing dan  berbagi pengalaman dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3 Penuh sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di bidang pengawasan.   

Selanjutnya disampaikan oleh Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat pengalaman peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul  terutama pada saat evaluasi Tahun 2017 dan Tahun 2018. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian  cindera mata dari dua belah pihak dan foto bersama.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas