" Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul " Berkarya dan Bekerja
  INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL    
youtube facebook twitter
 

PROFIL

Inspektorat Daerah 

Jalan Pangarsan (Komplek Bangsal Sewokoprojo), Wonosari, Gunungkidul, Telp (0274) 391086

Email : inspektorat@gunungkidulkab.go.id 

 

Visi 

Adapun rumusan Visi Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul Tahun 2010 - 2015 adalah sebagai berikut :

“Aparatur pengawasan Internal Pemerintah Daerah yang responsif, interaktif, dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan, pemerintahan serta pembangunan yang berkualitas”.   

 

Misi 

a.    Pengembangan sumber daya aparatur pengawasan yang profesional, responsif dan jujur. 

b.    Peningkatan pengelolaan keuangan di tingkat SKPD dan Kabupaten.

c.    Peningkatan kualitas pengawasan berbasis Sistem Pengendalian Intern (SPI) . 

 

Inspektur : Drs Sujarwo, M.Si

Sekretaris : Nanik Mulyani Rejekiningsih, SH, M.Si

1. Subbagian Perencanaan : Ristati Lestari, SH

2. Subbagian Evaluasi dan Pelaporan : Dra Rumihayati

3. Subbagian Umum : Drs Toto Subiyakto

 

Inspektur Pembantu

Bidang Pemerintahan : Bambang Wiranta, SH, MH

Bidang Perekonomian : Ir Astuti Adiati, MSi

Bidang Kesejahteraan Rakyat : Gatot Apriyanto, SH MM


Tugas dan fungsi Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 12 Tahun 2008 dan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 196 Tahun 2008 adalah:

 

Tugas :

Tugas Inspektorat Daerah adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di Daerah, pelaksanaan/pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan urusan Pemerintahan Desa.


Fungsi :

a.   perumusan kebijakan umum di bidang pengawasan;

b.   perencanaan program pengawasan;

c.   perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan;

d.   pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan;

e.   perumusan kebijakan teknis dibidang pengawasan;

f.    pemeriksaan pengelolaan aparatur, keuangan, prasarana, sarana dan ketatalaksanaan;

g.   pelaksanaan pengujian dan penilaian pelaporan perangkat daerah;

h.   pengusutan kebenaran laporan dan atau pengaduan terhadap penyimpangan atau penyalahgunaan pengelolaan  aparatur, keuangan, prasarana, sarana, ketatalaksanaan;

i.    penyampaian saran tindakan preventif dan atau refresif berdasarkan hasil pemeriksaan;

j.    pelaksanaan evaluasi tindak lanjut hasil pemeriksaan;

k.   pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional pengawasan;

l.    pengelolaan ketatausahaan Inspektorat Daerah.

 

 

JabatanJumlah
Inspektur1
Inspektur Pembantu3
Sekretaris1
Kepala Sub Bagian3
Auditor27
Staf14
Jumlah49
youtube facebook twitter